Searching...
Tuesday 21 August 2012

10 Rencana Mega Proyek Indonesia


Indonesia merupakan anggota G-20 yang merupakan kelompok 19negara dengan perekonomian besar di dunia ditambah dengan Uni Eropa. Indonesia juga merupakan salah satu negara besar di dunia dengan jumlah penduduk yang besar dan kekayaan alam melimpah. Walau didera krisis ekonomi, Indonesia mulai bangkit. Kini pembangunan di Indonesia tidak kalah dengan negara-negara lain. Indonesia bahkan memiliki mega proyek kelas dunia.
Beberapa mega proyek yang sudah jadi adalah :
1. Jembatan Suramadu (Surabaya-Madura)
Jembatan yang menghubungkan antara kota Surabaya dengan Madura ini merupakan jembatan terbesar dan terpanjang yang dimiliki Indonesia sekarang. Jembatan ini baru saja diresmikan beberapa waktu yang lalu (tepatnya10 Juni 2009 kemaren) oleh Bpk. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Photobucket

Jembatan ini memiliki panjang 5,438 Km dan dilaporkantelah menghabiskan dana sebesar 5 Triliun Rupiah. (Megah juga ya!!) www.suramadu.com/
Photobucket
2. Trans Studio Indoor Theme Park
Studio TransTheme Park yang bertempat di Makasar ini boleh dibilang Disneyland Indonesia.SedangkanTrans Studio Bandung adalah Indoor Theme Park ke dua di Indonesia setelah Makassar. Trans Studio Bandung lebih spektakuler dan lebih dahsyat dari Trans Studio yang ada di Makassar, namun keduanya tetapmempunyai keunikan tersendiri sehingga menjadikan Trans Studio Bandung tidak hanya terbesar di Indonesia tapi juga terbesar di dunia.
Photobucket
Photobucket
Dan masih banyak proyek lainnya yang tidak ketinggalan megahnya. Disini saya akanmengulas beberapa proyek Super Mega yang akan dibangun Indonesia. Berikut ulasannya:
1. Surabaya Sport Center (SSC)
Surabaya segeraakan memiliki kompleks olahraga supermegah dengan fasilitas superlengkap. Proyek bernama Surabaya Sport Center (SSC), yang memakan dana Rp 440,2 miliar dijadwalkan mulai Desember 2009. Berlokasi di kawasan Benowo, Surabaya Barat, kompleks itu terdiri atas sebuah stadion utamaberkapasitas 50 ribu penonton, sebuah stadion indoor berkapasitas 10 ribu penonton, dan sebuah masjid. Nanti kompleks tersebut juga direncanakan memiliki stadion atletik dan sirkuit.
Photobucket
Photobucket
Photobucket
2. PerpustakaanUniversitas Indonesia (UI)
Indonesiaakan memiliki perpustakaan termodern, terbesar dan terindah di dunia yang akan berlokasi Universitas Indonesia (UI) Depok di areal seluas 2,5 hektar. Lokasi bangunan berada di tepi danau Kenanga Universitas Indonesia dan berjarak sekitar 100 meter dari gedung rektorat. Gedung perpustakaan ini akan memiliki luas bangunan 30.000 m2 serta terdiri atas delapan lantai. Gedung berlantai delapan inidirancang tahan gempa dan ramah lingkungan. Kebutuhan energi menggunakan sumberterbarukan yakni energi matahari (solar energy) selain itu di dalam gedung tidak diperbolehkan menggunakan plastik. Pembangunan gedung delapan lantai iniditargetkan selesai Desember 2009 dengan anggaran sekitar Rp 100 miliar. Januari tahun depan diharapkan perpustakaan ini sudah bisa dibuka untuk civitasUI dan juga masyarakat umum. Pembangunan perpustakaan ini merupakan salah satuupaya UI menuju World Class Universitydan masuk ranking 100 besar perguruan tinggi terbaik didunia.
Photobucket
Photobucket
Photobucket
3. Menara Jakarta
Jakarta akan segera memiliki salah satu menara tertinggi di dunia yang dinamakan “menara Jakarta”. Proyek Menara Jakarta yang sebelumnya terhenti akibat badai krisis moneter, akan kembali dilanjutkan kembali. Proyek Menara Jakarta akan kembali dibangun pengerjaan konstruksi pada Januari 2010. Pembangunan Menara Jakarta yang menelan anggaran Rp 5 triliun ini ditargetkan rampung 2012 mendatang. MenaraJakarta setinggi 558 meter ini nantinya akan mengalahkan Oriental Pearl Tower Shanghai, setinggi 460 meter, KL Tower di Malaysia 421 meter, dan CN Tower di Kanada setinggi 533 meter. Dan tak kalah penting, Menara Jakarta akan dijadikansebagai pusat jaringan telekomunikasi dan multimedia dengan data center dandisaster recovery center. Menara Jakarta juga akan dijadikan sebagai traffic control dan pusat jaringan fiber optik di Jakarta.
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Menara ini juga akan memiliki restoran berputar, yang menarik lagi dari Menara Jakarta adalah bentuk kaki tiang menara yang memiliki bentuk tiga kaki yang menopang hingga ke atas. Bentuk semacam inihanya satu-satunya di dunia untuk gedung-gedung pencakar langit. Jika telah selesai dibangun, Menara Jakarta ini akan menjadi icon kebanggaan bangsa Indonesiadan menjadi menara telekomunikasi dan broadcasting tertinggi di dunia.
4. Jembatan Selat Sunda
Jembatan Selat Sunda adalah salah satu proyek besar pembuatan jembatan yangmelintasi Selat Sunda sebagai penghubung antara Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera.
Jembatan Selat Sunda ini akan menjadi jembatan terpanjang pertama di dunia yangdibangun dengan bentang tengah sampai 2.200 meter. Perkiraan biaya investasiyang dibutuhkan untuk pembangunan JSS sekitar lebih120 triliun rupiah. Pembangunan proyekJSS membutuhkan waktu minimal 10 tahun. Kalau tahun 2012 sudah mulai dibangunrencananya jembatan sudah dibuka tahun 2022. Pada jembatan tersebut akan dibuatenam lajur kendaraan, masing-masing tiga lajur dalam satu ruasnya. Jembatanselebar 60 meter ini juga dilengkapi dua jalur pejalan kaki dan jalur darurat.Tak hanya itu, jembatan ini juga akan dilengkapi dua rel kereta. Jembatanrencananya akan berada pada 70 meter di atas permukaan laut, dan melewati tigapulau-pulau kecil di selat itu, yaitu Pulau Prajurit, Ular, dan Sangiang. Inimerupakan jembatan dengan panjang 32Km yang akan menjadi jembatan terpanjang di dunia.
5. Reaktor NuklirMuria
Indonesiamerencanakan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Muria,Jateng. Pegunungan Muria dianggap paling memenuhi syarat sebagai tempat berdiridan beroperasinya PLTN. Selain karena aman dari gempa, daerah Muria juga sangatdekat dengan sumber air (Laut Jawa) yang dibutuhkan untuk mendinginkan reaktor nuklir.Pembangunan PLTN Muria akan dimulai 2012 dan siap diresmikan 2016 dengan totalanggaran Rp 30 triliun. Diharapkan pada 2015-2016 PLTN Muria ini sudah bisaberoperasi dengan kapasitas 1.000 Mwat Elektic dengan investasi US$ 1.500-1.800per KWh. PLTN membutuhkan uranium dan Indonesia memiliki dua tambang uranium,yaitu tambang Remaja-Hitam dan tambang Rirang-Tanah Merah. Kedua tambanguranium tersebut terletak di Kalimantan Barat. Jika sudah dibangun PLTN Muriaakan mampu mengatasi krisis energi listrik yang saat ini sedang dialami negarakita. PLTN Muria yang rencananya memiliki enam reaktor nuklir dengan masing-masing berdaya 600MW atau totalnya 3600 MW, akan sedikit mampu mengurangi krisis energi listrik terutama Jaringan Jawa-Madura-Bali (Jamali). Jika Indonesiamemiliki PLTN, maka Indonesiajuga akan masuk ke dalam jajaran segelintir negara elite nuklir dunia tapinuklir Indonesiaakan digunakan hanya untuk tujuan damai.
Photobucket
6. Coastarina
DiPulau Batam akan dibangun pulau-pulau buatan yang menyerupai peta duniaterbesar di dunia mengalahkan perumahan di Dubai. Perumahan di pantai inidikembangkan menjadi pusat hunian dengan suasana tepi laut. Sebagian areanyadiperoleh dari hasil reklamasi. Site plan-nya dirancang bak lagoon raksasa yangbagian tengahnya ditata menyerupai peta dunia dengan miniatur berbagai benua: Asia, Amerika, Eropa, Afrika, dan Antartika. Coastarinamerupakan terobosan konsep pemukiman, yang terinspirasi oleh Palm Islands diDubai, UAE.
Photobucket
Photobucket
Di Coastarina, akan dibangun total 1.000 rumah di kawasan total 150 hektar (25hektar termasuk taman dan fasilitas umum). Di sana, juga ada Okarina TamanRekreasi dengan food court, kafe dan restoran, Taman Air, dinding raksasa, danpermainan air. Coastarina mega proyek ini akan selesai dalam 6 tahun dan totalinvestasi diperkirakan menjadi 60 – 80 juta USD atau sekitar Rp. 570 M / Rp 760M. MURI (Museum Rekor Indonesia) memberikan penghargaaan kepada Coastarina untuk papan tulisan terbesar di Indonesia, perumahan yang terletak di bibir pantai Batam itu akan mencatatkan dua rekor lagi untuk pembangunan bola dunia paling besar dan peta dunia terbesar di dunia.
Photobucket
7. Center Point Of Indonesia
Makassar akan memiliki kawasan super megah sebagai pusat bisnis, wisata danpendidikan yang dinamakan Center Point Of Indonesia. Center Point Of Indonesiadibangun di kawasan dengan luas total 600 hektar itu akan terdapat bangunanbangunan menjulang tinggi, pusat bisnis dan pemerintahan, kawasan hiburan,hotel hotel kelas dunia yang dilengkapi dengan lapangan golf dengan view kelaut lepas dan pemandangan menakjubkan ke pulau pulau di Teluk Makassar. Dikawasan ini juga akan dibangun Istana kepresidenan yang selama ini hanya beradadi Jawa dan Bali. Istana ini nantinya beradadi atas laut. Di kawasan CPI juga akan dibangun Masjid Termegah di Asia,sekelas Taj Mahal di India. Ada juga TheMakassar Notradamus, yaitu taman 1000 patung Pahlawan Indonesia. Masih di lokasi yangsama, Makassar juga akan membangun PublicSpace atau area publik terluas di Dunia. Di lapangan nan luas ini, akanterdapat banyak kawasan hijau, tempat bermain, taman bunga, tempat beristrahat, dan tentunya pantai buatan. Di sekitar kawasan ini juga akanterdapat Waterfront dan Marinas.
Photobucket
Center Point Of Indonesia akan dilengkapi dengan dua jalan layang selebarmasing masing 40 meter, waterway, monorail dan busway. Monorail di CPI akanmenghubungkan kawasan megah ini ke Pusat Kota Makassar, hingga ke BandaraInternational Sultan Hasanuddin. Jika proyek ini benar benar terwujud makaMakassar akan melampaui Jakartadalam hal mewujudkan angkutan Mass Rapit Transport idaman itu.
Photobucket
Center Point of Indonesia juga akan dilengkapi dengan sebuah menara yangmenyerupai Oriental Pearl Tower di Shanghai. Menara setinggi 300 meter itu akandifasilitasi dengan dek anjungan berputar. Menara itu akan dibangun tepat ditengah tengah proyek CPI. Selain itu, Center Point of Indonesia akan memanjakanpengunjung karena sudah terintegrasi dengan Trans Studio Indoor Theme Park, karena akan dilewati oleh jalur Monorail.Nantinya beberapa pantai dan pulau-pulau buatan di CPI juga akan dihubungkandengan kereta gantung (Gondola) terpanjang di Asia.Jika proyek ini selesai, maka Makassar akan melesat menjadi kotametropolitan modern dan terbesar kedua di Indonesia, melampaui Surabaya. Obsesi itujuga lah yang membuat Makassar bertekat untuk menjadi kota dunia di tahun 2030.
Photobucket
8. Sundial (jammatahari) Pontianak
Indonesia akan memilikisundial atau jam matahari tertinggi di dunia jika sundial Pontianak jadi dibangun. Dari semua kota yang dilewati garis Khatulistiwa, hanya ada satu kota di dunia ini yangdibelah atau dilintasi secara persis oleh garis Khatulistiwa, yaitu KotaPontianak. Pembangunan sundial di lokasi sekitar Tugu Khatulistiwa Pontianakdiperkirakan menghabiskan biaya sebesar Rp76,6 miliar dengan lahan seluas 44,1meter. Rencananya tugu tersebut akan dibangun dengan tinggi 71 meter, sehinggaakan menjadikan Tugu Khatulistiwa sebagai sundial tertinggi di dunia. Padalahan di sekitar sundial tugu akan dibangun sundial berukuran kecil sebanyak 17buah. Angka 17 dan 71 diambil dari angka kelahiran Kota Pontianak. Untukmemperkuat ikon Pontianak sebagai Kota Khatulistiwa juga akan dibangun TwinSolar Telescope, Museum Galeri, Science Centre, kawasan komersial, Amphiteater,dan Convention di kawasan tugu tersebut.
Photobucket
Photobucket
9. Biak Space Port
Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) akan mendirikan “space port”atau lokasi peluncuran roket pendorong satelit di Pulau Biak, Papua. Pulau Biakmerupakan lokasi yang sangat strategis untuk penerbangan ke angkasa luar karenaposisinya sangat dekat dengan garis katulistiwa. Pulau Biak berhadapan langsungdengan samudera luas sehingga proses peluncuran roket yang akan dilakukandiperkirakan tidak akan mengganggu negara lain. Jika roket pendorong satelititu diluncurkan, serpihan atau benda-benda yang jatuh dari dari prosespeluncuran itu akan jatuh ke laut, tidak mengenai negara lain, termasuk wilayahIndonesia.Selain itu, Pulau Biak juga terletak di di area ekuatorial (Posisinya hanya duaderajat dari garis katulistiwa) sehingga dorongan roket peluncur satelit lebihkuat dan mampu mengantar alat pemantauan di angkasa ke antariksa.
Photobucket
Photobucket
10. TerusanSulawesi 
Pada Musyawarah Sulawesi IVEnam gubernur se-Sulawesi menggagas pembangunan “Terusan Khatulistiwa” yangmemotong leher Pulau Sulawesi. Kelak Pulau Sulawesi bakal terbagi dua, karenadipisahkan oleh laut di terusan yang akan diberi nama Terusan Khatulistiwa.Jika rencana tersebut benar-benar direalisasikan, maka terusan ini akan menjaditerusan ketiga di dunia, sebab saat ini baru ada dua terusan, yakni TerusanSuez di Mesir dan Terusan Panama di Amerika Tengah. Terusan Khatulistiwa inibisa menjadi jalur laut internasional yang ramai dan akan memperpendek jaraktransportasi laut dari wilayah timur Pulau Sulawesi menuju wilayah barat Indonesia, serta ke Filipina dan Malaysia.
Photobucket
Itu merupakan beberapa mega proyek di Indonesiadisamping proyek-proyek lainnya yang akan menjadikan Indonesia sebagai negara maju dimasa depan. Mega-mega proyek tesebut kelak akan menjadi kebanggaan besar bagibangsa Indonesia.Giliran kita mengambil bagian untuk ikut serta memajukan negara Indonesiatercinta ini.

0 comments:

Post a Comment