Searching...
Saturday 11 February 2012

5 Cara Mendapatkan Tidur Malam Yang Lebih Baik

Banyak orang yang ingin mendapatkan tidur nyenyak di malam hari, bahkan banyak diantaranya yang mengkonsumsi obat ngantuk agar tidurnya bisa terlelap. Apakah anda demikian? jika anda termasuk yang kurang menikmati tidur di malam hari berikut beberapa tips untuk bisa tidur nyenyak seperti dikutip dari reader’s digest.

Hindari Minum Kopi di Tengah Malam
Dan sebaiknya hindari juga minuman ringan berkafein. Bagi banyak orang, kafein tetap hidup dalam sistem lebih lama daripada yang mereka sadari. Bahkan sejumlah kecil kafein dapat membuat Anda terlambat, karena kafein memblok bahan kimia otak yang disebut adenosin yang membantu kita merasa mengantuk dan tertidur. Semakin tua Anda, semakin sensitif Anda terhadap kafein, karena hati Anda menjadi kurang efektif dalam menyaring keluar kafein dari sistem tubuh anda.

Bersihkan dan Rapikan tempat tidur Anda
Kemudian membersihkan setiap pakaian kemarin yang mungkin telah memenuhi lantai kamar tidur.  Buku, surat, jam tangan, dan semua benda-benda yang menumpuk di sekeliling kamar tidur anda, membuat lebih sulit untuk bersantai.  Hiasi kamar tidur dan tempat tidur dengan warna kalem, dan juga bisa ditambahkan  foto orang yang dicintai.

Selesaikan dahulu urusan keluarga
Untuk beberapa alasan, pasangan sering menunggu sampai waktu tidur untuk membicarakan masalah, emosi, atau jadwal-dan kita semua tahu terkadang pembicaraan terjadi hingga larut malam. Sebaiknya, lakukan komunikasi di awal malam, ketika Anda berdua lebih mampu fokus, dan menyelesaikan hal-hal sebelum naik ke tempat tidur.

Sesuaikan temperatur ruangan
Para ahli mengatakan bahwa 24 derajat celcius adalah temperatur tidur yang ideal. Apa pun lebih hangat dari itu dapat memicu aktivitas saraf dan menyebabkan mimpi buruk, sementara pengaturan dingin akan mencegah tubuh anda dari santai karena mencoba untuk melindungi tubuh Anda dari kedinginan.

Kurangi cahaya lampu
Tidur dengan lampu yang sangat terang dapat mengganggu tidur anda, usahakan tidur dengan lampu yang redup atau bahkan tanpa lampu sama sekali jika anda menyukainya.

0 comments:

Post a Comment