Searching...
Tuesday 21 February 2012

AJAX, what’s?

AJAXAJAX adalah kependekan dari Asynchronous Java Script and XML. AJAX bisa didefinisikan sebagai kelompok teknologi yang digunakan secara bersama-sama untuk menghasilkan website yang atraktif dan dinamis dengan refresh data yang dilakukan di background tanpa perlu melakukan refresh pada komponen lain. Refresh data / page loading dilakukan secara asynchron.
Karena AJAX merupakan gabungan dari Java Script dan XML, maka masing-masing memiliki tugas dan fungsi tersendiri. Java Script mempunyai tugas untuk mengatur tampilan atau layout dalam sebuah website, sehingga akan berdampak pada tampilan yang tetap. Sedangkan XML berfungsi sebagai me-refresh data yang disimpan di database server (komunikasi dengan server). Dalam perkembangannya, untuk mewujudkan konsep AJAX tidak harus dengan Java Script dan XML. Untuk komnikasi dengan database server memakai XMLHttpRequest atau biasa disingkat dengan XHR.
Contoh implementasi AJAX pada website diantaranya sebagai Auto Suggestion, Auto Completion maupun Combo Menu. Ada juga website yang menggunakan full AJAX yaitu visualjquery, website ini menggunakan Framework JQuery, salah satu teknologi AJAX gratis alias free. Namun disini ada kelemahan yaitu website ini merupakan 1 Single File Java Script yang berukuran sekitar 180-an kb, jadi ketika kita mengakses untuk pertama kalinya akan lama dalam loading website ini, tapi ketika sudah sekali kita load maka untuk selanjutnya akan responsif.
Keunggulan AJAX :
  1. Fast Loading / refresh (setelah load pertama)
  2. Simple
  3. Hemat Transfer Data
Kelemahan AJAX :
  1. Bagian atau komponen yang kita buat dengan AJAX diidentifikasi oleh browser bukan sebagai suatu halaman, jadi ketika kita melakukan eksekusi pada komponen tersebut kemudian kita back, maka tidak akan kembali seperti semula
  2. Penggunaan framework membuat loading awa menjadi lama
  3. AJAX hanya bisa dijalankan pada browser yang support java script

0 comments:

Post a Comment