Searching...
Tuesday 21 February 2012

Perbedaan Browser

browserBanyak sekali Browser-browser yang kita ketahui. Namun, yang sering kita gunakan ialah Mozilla, Opera, dan internet Explorer.
Nach, mana sich yang paling baik digunakan untuk browsing!?
Nich kelebihan and kekurangan masing-masing browser yang sering kita gunakan.


Kelebihan dari penggunaan browser MozilaFirefox ini adalah sebagai berikut:
1. One-Click Bookmarking
Bookmark, mencari dan menata atau mengorganisir Web site dengan cepat dan mudah.
2. Instant Web Site ID
Menghindari penipuan online, transaksi tidak aman, dan penipuan semua itu dapat di lakukan dengan mudah melalui fitur site identifikasi.
3. Improved Performance
Melihat website dengan lebih cepat, menggunakan sedikit dari kapasitas memori anda.
4. Full Zoom
Menyaksikan halaman manapun dari sebuah halaman web, up close dan yang terbaca dalam hitungan detik.
5. Password Manager
Dapat mengingat password situs tanpa perlu melihat sebuah jendela pop-up.
6. Smart Location Bar
Menemukan situs favorit dalam hitungan detik – masukan istilah yang cocok pada address bar anda.
7. Platform-Native Look & Feel
Browsing dengan Firefox yang terintegrasi dengan sistem operasi komputer anda.
8. Banyak fitur tambahan (add ons), ibarat kepingan puzzle, add ons ini bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan user.
9. Bandel, cocok untuk membuka situs-situs multimediaUpdatenya mudah.
10. Lebih SecureTidak dapat dipungkiri bahwa internet explorer adalah sasaran utama para hacker baik yang amatir maupun yang sudah profesional.
11. Ada Multi Browser TabKita bisa membuka banyak jendela dari sebuah browser firefox aktif. Hal ini tidak kita jumpai pada IE, sehingga kita harus membuka banyak IE jika mau membuka banyak jendela. Tak heran kita sering membentuk tumpukan taskbar yang sangat membingungkan. Hal ini tidak terdapat pada firefox.
12. Mudah DigunakanUntuk membuka window baru untuk berselancar kita tinggal dobel klik (klik dua kali) pada bagian tab yang kosong (di bawah menu navigasi di bagian atas jendela). Untuk menutupnya kita tinggal memencet tombol scroll pada mouse anda (bila ada) pada window tab yang ingin kita close. Sedangkan untuk memilih jendela tab, kita tinggal memencet klik kiri pada tab yang ingin kita aktifkan atau lihat.
13. Download lebih enakKita bisa menyetop download yang sedang berjalan dan melanjutkannya di lain waktu yang disebut dengan fitur “resume”, namun tidak semua download dapat melakukan resume. Lalu download juga digabungkan menjadi satu jendela yang berbeda halnya dengan IE yang downloadnya terpisah-pisah dan harus membuka satu taskbar per jendela download yang aktif.
14. Lebih CepatMenurut orang-orang yang lebih expert firefox lebih kencang dalam berselancar dibandingkan dengan IE.
15. Banyak yang menyukai Mozilla Firefox, karena aksesnya yang lumayan enteng. Performanya juga bagus, kecepatan browsingnya cepat. Tampilannya juga mantap.
16. Ukuran aplikasi yang relative kecil, yaitu sekitar 4,7 MB, dibanding IE yang dapat mencapai 80 MB
17. Dalam hal keamanan, browser Mozilla Firefox merupakan yang terbaik. Bila ada celah sedikit saja, dalam waktu beberapa hari, developer akan segera memperbaikinya.
18. Bagi sering menggunakan e-payment seperti Klik BCA, Paypal, Liberty Reserve, dan lainnya, FireFox adalah pilihan terbaik.
19. Gratis. Semua orang pasti cinta yang gratisan, nah download FireFox itu juga demikian, tidak perlu membeli.
20. Fasilitas Add-ons yang memukau. Ini adalah fitur terbaik FireFox yang tidak dimiliki browser lainnya, yaitu netter bisa menambahkan Add-ons ke dalam browser. Add-ons FireFox sendiri sangat banyak. Yang biasa dipakai orang antara lain Download Manager, Download Video (bisa download video Youtube), safe search (mencegah masuk ke situs yang tidak benar). Tapi harap diingat, jangan terlalu banyak instalasi Add-ons yang tidak berguna karena bisa memberatkan browser, cukup yang dipakai saja.
Kekurangan penggunaan browser Mozila Firefox ini adalah sebagai berikut:
  1. Kekurangannya Loading lama saat mulai start, apalagi jika banyak adds-on yang terinstall.
  2. Penghentian pop up, yang secara otomatis telah terintegrasi dalam penginstalan awal.
  3. Mampu mematahkan pembatasan aksi pengguna, misalnya penyembunyian status bar atau penguncian browser, sehingga pengguna tidak dapat memperbesar atau memperkecil ukuran browser.
  4. Tidak terintegrasi dengan Outlook maupun Outlook Express, beberapa fasilitas e-mail tidak bekerja dengan baik, seperti melihat e-mail HTML maupun membuka link langsung dari e-mail di Outlook.
  5. nstalasi plug-in tidak semudah pada IE, misalnya untuk menginstal Flash Player, Shockwave, Java Virtual Matchine diperlukan instalasi secara manual (tidak otomatis). Firefox juga tidak mendukung instalasi aplikasi Microsoft secara online, misalnya aktivasi Microsoft Reader.
opera
Kelebihan dari penggunaan browser opera ini adalah sebagai berikut:
  1. Ringan dalam mengaksesnya.
  2. Memiliki email client dan rss sendiri, jadi tidak perlu memakai email client lain seperti Outlook, Thunderbird dan lainnya
  3. Pemanggilan kembali Cache cepat.
  4. Merupakan browser kesukaan orang banyak.
  5. Enteng, cepat dan praktis dalam mencari informasi.
  6. Opera mampu “memaksa” membuka sebuah web dengan cepat dalam kondisi bandwith rendah.
  7. Di opera bisa buka 1 situs yg terangkum di 1 window opera, nanti view-nya bisa di cascade atau tile, jadi taskbar kita di bawah tidak penuh seperti IE kalo buka banyak situs.
  8. Opera baru (7.51) ada fasilitas irc-chat, kalo mau konek irc jadi lebih gampang, cuma agak lambat.
  9. Ada popup blocker-nya juga.
  10. Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti penjelajah web, membaca dan mengirim surat elektronik, milis (mailing list) , membaca RSS Feed, dan chatting via IRC. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia.
  11. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux. Saat ini Opera mempunyai 1,41% persentase pengguna di pasar browser. Alasan penggunannya memilih Opera adalah karena Opera dianggap ringan dan cepat dibanding Internet Explorer dan Mozilla Firefox.
  12. Opera terkenal saat ini, selain karena unik dan penuh fungsi daripada browser lain, juga berkat komunitas-komunitas yang tetap setia mempertahankan dan memakai Opera Browser untuk berselancar Internet. Selain dalam bentuk browser web, Opera juga hadir dalam bentuk mobile yang bisa dijalankan di telepon genggam atau PDA.
  13. Dan juga salah satu produk andalannya yaitu Opera Mini yang berplatform Java yang diperuntukkan untuk semua telepon genggam berplatform Java.
Kekurangan dari penggunaan browser Opera ini adalah sebagai berikut:
  1. Agak lambat dalam membaca script pada beberapa halaman situs
  2. Untuk mengupdatenya harus mendownload kembali file masternya
  3. Karena sangat entengnya add on nya sedikit sekali, sudah begitu tidak bisa ditambah lagi.
  4. Kalau membuka situs situs yang berat misal friendster, blogger, dipastikan ada beberapa “unsur” yang tidak mampu ditampilkan Opera.
internet
Kelebihan dari penggunaan browser Internet Explorer ini adalah sebagai berikut:
1. Menyediakan add ons, walaupun tidak sebanyak Firefox
2. Khusus IE8, tampilannya lebih elegan dan menarik
3. Bagi pengguna Windows Live maka akan di manjakan dengan tab bookmark yang terhubung ke fitur-fitur milik Windows Live
4. Browser yang sudah sangat umum di pasaran. Biasanya dipake oleh pemula yang baru mulai belajar internet.
5. Gampang, dan tidak ribet dalam pengoperasiaannya.
6. Saat ini, Internet Explorer masih menjadi browser yang paling banyak dipakai di dunia.
7. Beberapa situs tidak bisa dibuka di Firefox karena hanya dibuat untuk IE.
8. Netscape yang hanya tersedia untuk komputer dengan sistem operasi Windows terbaru berusaha memecahkan masalah itu. Dia mampu membuka semua situs menggunakan mesin Firefox yang embedded (disertakan) pada software Netscape. Tetapi, ketika membuka situs yang cukup aman menggunakan mesin software IE yang tersedia di Windows.
9. Kelebihan IE daripada Opera, karena memilik Google Toolbar antara lain yang bisa langsung lihat page rank suatu situs, biasanya jika mau lihat PR suatu web, urlnya hanya tinggal pindahin ke IE atau Mozilla.
10. Kelebihan lain, seperti umumnya IE, biasanya tampilan suatu web lebih baik menggunakan IE dan loading gambar juga jelas dan cepat
Kekurangan dari penggunaan browser Internet Explorer ini adalah sebagai berikut:
1. Internet Explorer lebih sepi fitur dan kurang lengkap juga, di Opera bisa langsung tarik email POP3 ke salah satu tab-nya, begitu pula kalau download file langsung masuk ke fitur transfer sehingga bila putus bisa di resume lagi seperti Download Accelerator, ada juga fitur notes yang bisa langsung buka seperti notepad di tab-nya untuk naruh catatan kecil, kode dll, n anehnya catatan ini nggak hilang walaupun kita ga save pas nutup browsernya.
2. Banyak keluhan muncul karena keamanannya masih diragukan dan tidak adanya tabbed browsing dimana pengguna bisa membuka banyak situs tanpa membuka jendela browser yang baru. Hal itu diantisipasi dengan baik oleh Firefox.
3. Tidak adanya fitur tab, dan kecepatannya dalam membuka web kalah cepat dibandingkan yang lainnya, apalagi dalam kondisi bandwith kecil.
4. Browser ini kurang bandel. Jika menggunakan IE terserang virus saat browsing menggunakan browser ini. IE sebagai penguasa pasar web browser memang menjadi target utama serangan para hacker.
5. Gagal membaca script dibeberapa halaman situs (khususnya CSS)
6. Berat saat awal start dan saat membuka tab baru.

0 comments:

Post a Comment