Searching...
Tuesday 14 February 2012

Perlunya Peremajaan Otak

Aktivitas yang kita lakukan sepanjang hari semua berpusat pada kerja otak. Kelelahan otak tak jarang kita alami setelah melakukan aktivitas yang terlalu padat. Sebagai contoh seorang pelajar gagal mengekspresikan apa yang telah dipelajari, hal ini dikarenakan informasi yang telah diterima otak bagian belakang sebagai masukan tidak dapat diolah oleh otak bagian depan sebagai ekspresi. Jika keadaan ini terus berlanjut maka kita akan terus mengalami kegagalan padahal belum tentu karena kita tidak memiliki kompetensi melainkan kurangnya koordinasi otak. Beberapa hal yang berhubungan dengan peremajaan otak perlu kita kaji sebagai berikut :

  • Nutrisi
Nutrisi berhubungan dengan makanan yang memberikan suplai gizi ke otak. Makanan pokok seperti nasi jenis organik lebih mengandung karbohidrat kompleks dibanding nasi non organik. Karbohidrat komplek berperan menjaga kadar serotonin otak untuk memelihara daya ingat. Lauk pauk bergizi dan murah seperti tempe juga baik untuk peremajaan otak karena kandungan zatgenistein yang mempengaruhi neurotransmitter di otak. Kandungan lesitin pada buah strowberry juga mempengaruhi neurotransmitter otak.
  • Gerakan menguyah
aktivitas menguyah merupakan bagian senam mulut yang mempunyai peran untuk menyehatkan otak. pilih makanan yang tidak terlalu lembek agar tetap dapat merangsang aktivitas otak.
  • Mengasah ingatan
daya ingat sangat dipengaruhi umur ini di hubungkan dengan menurunnya kerja otak. melatih daya ingat untuk peremajaan otak sangat penting dilakukan seperti membuka album foto akan melatih kita mengingat pengalaman yang telah terlewati, mengingat tanggal - tanggal penting dalam hidup kita mungkin sepele bagi sebagian orang tapi yang salah ini bermanfaat memperpanjang daya ingat kita, bermain musik juga merupakan terapi khusus untuk melatih daya ingat.
  • Senam otak
brain gym atau senam otak merupakan gerakan dan aktivitas yang mudah danmenyenangkan tetapi sangat penting untuk melatih konsentrasi dan baik untuk kesehatan dan keremajaan otak.
Tahapan senam otak :
  1. Jalan - jalan ringan
aktivitas ini dilakukan dengan tujuan untuk pemanasan agar tubuh siap melakukan senam otak dan lebih mudah berkonsentrasi.
  1. minum air
air sangat diperlukan untuk mempercepat fungsi energi listrik dan kimiawi yang membawa informasi dari tubuh ke otak dan sebaliknya. air juga berperan menetralisir toksin yang dapat ikut terkirim ke otak.
  1. Meletakkan tangan di dahi
pada dahi terdapat titik positf yang berupa dua tonjolan di tengah dahi. dengan menyentuh titik positif tersebut maka kita memberi energi positif ke otak sehingga akan merasa lebih tenang dan yakin dapat mencapai tujuan dalam hidup.
  1. Tangan memegang telinga
gerakan ini membantu mendengarkan suara sendiri waktu berbicara dan membantu agar mudah mengingat sesuatu hal dari apa yang dipegang dan di rasa.
  1. melakukan massage pada bahu
massage otot bahu kiri dan kanan, sambil menarik nafas saat kepala berada di tengah dan menghembuskan nafas saat kepala ke samping. tujuan dari gerakan ini untuk menghilangkan kelelahan dan merelakskan tubuh sehingga kitasegar kembali dan dapat meningkatkan daya konsentrasi.
  1. Gerakan silang
gerakkan tangan kanan bersamaan dengan kaki kiri dan tangan kiri dengan kaki kanan, sebaiknya tangan di sentuhkan ke lutut yang berlawanan untuk menyeberang garis tengah otak maka dengan gerakan ini kita telah menggunakan kedua belahan otak secara bersamaan dan harmonis.

0 comments:

Post a Comment